KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat
dan hidayah-Nya kami dapat
membuat dan menyelesaikan tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riset Pasar dalam
waktu yang tepat dan dalam keadaan yang baik.
Tugas Analisa Dan Riset Pasar membahas tentang pengetahuan serta
keterampilan untuk Siswa Program
Keahlian Penjualan Kelompok Bisnis dan Menejemen.
Makalah ini
kami buat untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran Analisa Dan Riser
Pasar, semoga Makalah ini dapat berguna dan bermanfaat serta dapat menjadikan
sebuah insprirasi bagi kita semua.
Kami sangat menerima kritikan dan saran yang dapat memberi kami pelajaran untuk kedepan
nya menjadi lebih baik dalam pembuatan Tugas yang lainnya.
Girimulyo, September 2014
Penyusuni
DAFTAR ISI
Kata Penghantar.............................................................................................................
Daftar Isi.........................................................................................................................
BAB I Pendahuluan ......................................................................................................
1.1. Latar Belakang ..............................................................................................................
1.2. Rumusan Masalah ..................................................................................................
1.3. Tujuan .....................................................................................................................
BAB II ...........................................................................................................................
a)
Pengertian Pasar .................................................................................................
Klasifikasi Pasar .................................................................................................
Pasar Modern .....................................................................................................
Menurut Luas Jangkauan ...................................................................................
Pasar Daerah.......................................................................................................
Pasar Lokal.........................................................................................................
Pasar Nasional.....................................................................................................
Pasar Internasional..............................................................................................
b)
Menurut Bentuk dan Wujud...............................................................................
c)
Menurut Waktu
Penyelenggaraan......................................................................
BAB III .........................................................................................................................
Pengertian Pasar Sidodadi..............................................................................................
BAB IV..........................................................................................................................
a)
Kesimpulan ........................................................................................................
b)
Saran...................................................................................................................
LAMPIRAN...................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pasar adalah salah satu dari
berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana
usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan
uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti
uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah
pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran.
Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan.
Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga
orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari
dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis,
lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang
diperdagangkan.
Pasar Tradisional merupakan tempat
bertemunya penjual dan pembeli serta ditandai dengan adanya transaksi penjual
pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, bangunan
biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai, los dan dasaran terbuka yang dibuka
oleh penjual maupun suatu pengelola pasar. Kebanyakan menjual kebutuhan
sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa ikan, buah, sayur-sayuran,
telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa dan lain-lain. Selain itu,
ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang lainnya. Pasar seperti ini
masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya terletak dekat kawasan
perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
1.2 Rumusan Masalah
a. Bagaimana peranan pasar bagi pedagang?
b. Bagaimana peraranan pasar bagi konsumen?
c. Bagaimana apabila Pasar Sidodadi di
pindahkan?
1.3 Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui :
a.
Untuk mengetahui peranan pasar
bagi pedagang.
b.
Untuk mengetahui peranan pasar
bagi para konsemen.
c.
Mengetahui respon penjual dan
pembeli jika Pasar Sidodadi di pindahkan.
BAB II
A.
Pengertian
pasar
Pasar adalah salah
satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan
infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk
orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat
pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari
perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk
item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar
dari perdagangan.
B.
Klasifikasi Pasar
Pasar tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli serta
ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya
ada proses tawar-menawar, bangunan biasanya terdiri dari kios-kios atau gerai,
los dan dasaran terbuka yang dibuka oleh penjual maupun suatu pengelola pasar.
Kebanyakan menjual kebutuhan sehari-hari seperti bahan-bahan makanan berupa
ikan, buah, sayur-sayuran, telur, daging, kain, pakaian barang elektronik, jasa
dan lain-lain. Selain itu, ada pula yang menjual kue-kue dan barang-barang
lainnya. Pasar seperti ini masih banyak ditemukan di Indonesia, dan umumnya
terletak dekat kawasan perumahan agar memudahkan pembeli untuk mencapai pasar.
Pasar Modern
Pasar modern tidak banyak berbeda dari pasar
tradisional, namun pasar jenis ini penjual dan pembeli tidak bertransakasi
secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam
barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara
mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Barang-barang yang dijual,
selain bahan makanan makanan seperti; buah, sayuran, daging; sebagian besar
barang lainnya yang dijual adalah barang yang dapat bertahan lama. Contoh dari
pasar modern adalah hypermart, pasar swalayan (supermarket), dan
minimarket.
C.
Pasar Menurut Luas Jangkauan
Pasar Daerah
Pasar Daerah
membeli dan menjual produk dalam satu daerah produk itu dihasilkan. Bisa juga
dikatakan pasar daerah melayani permintaan dan penawaran dalam satu daerah.
Pasar Lokal
Pasar lokal adalah pasar yang membeli dan menjual produk dalam satu kota
tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga dikatakan pasar lokal melayani
permintaan dan penawaran dalam satu kota.
Pasar Nasional
Pasar nasional adalah pasar yang membeli dan
menjual produk dalam satu negara tempat produk itu dihasilkan. Bisa juga
dikatakan pasar nasional melayani permintaan dan penjualan dari dalam negeri.
Pasar Internasional
Pasar internasional adalah pasar yang membeli dan menjual produk dari
beberapa negara. Bisa juga dikatakan luas jangkauannya di seluruh dunia.
PASAR MENURUT WUJUD
Pasar Konkret
Pasar Konkret adalah tempat pertemuan antara
penjual dan pembeli yang dilakukan secara langsung. Misalnya ada los-los,
toko-toko dan lain-lain. Di pasar konkret, produk yang dijual dan dibeli juga dapat
dilihat dengan kasat mata.
Pasar Abstrak
Pasar Abstrak adalah pasar yang lokasinya tidak dapat dilihat dengan kasat
mata.konsumen dan produsen tidak bertemu secara langsung. Barang yang diperjual n tidak dapat dilihat
dengan kasat mata, tapi pada umumnya melalui brosur, rekomendasi dan lain-lain.
D.
Pasar Menurut Waktu
Penyelenggaraan
Pasar Harian
Pasar harian adalah pasar yang kegiatan jual
belinya dilakukan tiap hari. Pasar harian ini umumnya terdapat di desa dan
kota.
Pasar Mingguan
Pasar mingguan adalah pasar yang kegiatan jual
belinya hanya satu kali dalam seminggu. Pasar mingguan ini terdapat di
daerah-daerah pedesaan.
Pasar Bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang kegiatan jual belinya dilakukan setiap
sebulan sekali.
Observasi pasar adalah metode atau
cara-cara yang menganalisis dan mengadakan pencatatan secara sistematis
mengenai tingkah laku dengan melihat atau mengamati individu atau kelompok
secara langsung
Peran pasar menurut masyarakat
adalah pasar sangat penting karena disanalah mereka mendapatkan apa yang mereka
butukan setiap saat
Dan peran pasar menurut pedagang
adalah pasar juga sangat penting karena disana lah mereka mencari nafkah dan
menjual produk produk nya
BAB III
A.
Pengertian Pasar Sidodadi
Pasar Sidodadi adalah pasar yang terletak di daerah Belitang, tepat nya di Bk.
9 Sidodadi. Pasar Sidodi menyediakan
beberapa kebutuhan ekonomi seperti sandang-pangan.
Kebanyakan menjual kebutuhan
sehari-hari seperti bahan bahan makanan berupa ikan, buah buahan,sayur-
sayuran,telur,daging,bahan bahan pokok,kain, pakaian, barang barang elektronik
, jasa, dan lain lain.
Pasar seperti di Sidodi masih banyak
di temukan di Indonesia, dan umumnya terletak di dekat kawasan perumahan agar
memudahkan para konsumen untuk mencapai pasar yang mereka tuju.
Dalam Pasar Sidodi ini banyak
macam nya , ada yang berjualan membuka sebuah toko, kios, pedagang kaki lima,
sampai pedagang asongan dan juga jasa.
Pasar Sidodadi termasuk
kedalam Pasar Harian, karena proses atau kegiatan jual belinya di lakukan
setiap hari.
Keadaan yang ada di Pasar Sidodadi tidak memadai karena timbulnya musim hujan , jadi
keadaan nya becek dan tidak nyaman untuk di lihat.
Kondisi
berjualan para pedagang juga sangat mengkhawatir kan.
BAB IV
KESIMPULAN
Jadi kesimpulan yang kami dapat
yaitu kebanyakan penjual di Pasar Sumedang menolak untuk di pindahkan ke tempat
yang baru, karena belum tentu tempat yang baru dapat menghasilkan keuntungan
yang lebih menguntungkan,
dan pelanggan pun belum tentu mengetahui tempat baru yang akan di tempati para penjual
.
SARAN
Saran Penjual : Seharusnya Pasar ini tidak
di pindahkan, karena para penjual lebih nyaman di tempat yang mereka tempati
sekarang, dan penghasilan nya pun lebih menguntungkan . Menurut para penjual
pasar ini seharusnya pada tahun 2017 tapi Pemerintah menginginkan Pasar ini di
pindahkan secepatnya.
Saran Pembeli : Seharusnya Pasar ini tidak
di pindahkan, karena para pembeli tidak mengetahui tempat penjual yang sering
mereka kunjungi, maka dari itu pembeli menginginkan pasar itu tidak di
pindahkan .
LAMPIRAN
PERTANYAAN KAMI SAAT OBSERVASI KE
PEDAGANG BUAH BUAHAN DI SIDODADI
Di sana kami
sempat bertanya kepada pedagang buah. (Bapak Solihin berumur 54 tahun)
Berapa lama
bapak berjualan ?
Sudah lumayan
lama, sekitar 6tahun .
Menurut bapak apa peran penting pasar itu?
Pasar sangat penting bagi semua orang,
apalagi bagi saya seorang pedagang kaki lima yang sangat mengandalkan sebuah
pasar untuk bisa menghidupi keluarga saya.
Lalu bagaimana
respon bapak jika pasar ini segera di
pindahkan secepatnya?
Terus terang saya sangat keberatan, dan
bukan hanya saya tetapi semua pedagang disini pasti menolak adanya suruhan itu,
tapi mau gimana lagi ini memang sudah keputusan dari Pemerintah dan mau tidak
mau saya terpaksa harus mencari tempat baru untuk bisa berjualan kembali.
Pertanyaan kami saat observasi ke pedagang yang
ada di Pasar Tradisional SIDODADI
Kami sempat mewawancara pedagang
cosmetik
Berapa lama ibu
berjualan ?
Kurang lebih
2tahun, tadi nya saya bekerja di toko baju tapi sekarang pindah menjadi penjual
cosmetik
Berapa kira
kira penghasilan ibu per hari?
Tidak tentu,
sekarang penghasilannya agak menurun karena faktor cuaca dan tempat yang baru
saya tempati sekarang
Beban apa yang
paling berat bagi ibu jika musim hujan seperti ini ?
Dagangan saya
jadi kurang laku, dan jika hujannya besar dagangan saya pasti akan kotor dan
basah semua
Kami
mewawancara pedagang Tahu (Ibu Ani berumur 47 tahun)
Jika pasar ini
di pindahkan ibu akan berjualan dimana ?
Mencari tempat yang cocok untuk saya,
dan tempat yang dapat memudahkan saya untuk mencari pelanggan lagi .
Penghasilan ibu
per hari ?
Tidak tentu, kadang kalo semua dagangan
nya habis paling saya mendapatkan uang Rp.400.000,00
Kami
mewawancarai Pemilik Toko Sepatu Hidayat
Dari sejak
kapan ibu mendirikan Toko Sepatu Hidayat ini?
Sudah lumayan
lama , kira kira sejak tahun 1995.
Apakah banyak
pembeli yang belanja ke toko ibu?
Iya lumayan
banyak.
Penghasilan ibu
dalam satu tahun berapa?
Tidak tentu.
Bagaimana
menurut Ibu jika pasar ini di pindahkan dan Toko ibu akan di bongkar?
Sebenarnya ibu tidak ingin pasar ini di
pindahkan , karena ibu sudah nyaman berjualan disini J .
Mewawancarai di
Toko Perabotan (Talun)
Kami mewawancarai pembeli di Toko Perabotan
Kenapa ibu
berbelanja di Toko Perabotan ini?
Karena, Toko Perabotan ini harga nya
lebih murah di bandingkan dengan Toko Perabotan yang lain nya.
Bagaimana
pendapat ibu tentang pasar yang akan di pindahkan ?
Menurut pendapat saya, saya
menginginkan pasar ini tidak di pindahkan karena, apabila pasar ini di
pindahkan saya akan sulit mencari toko atau pedagang yang telah menjadi
langganan saya.
Observasi ke
Penjual Ayam Goreng
Kami mewawancarai pedagang Ayam
Goreng (Bapak Asep berumur 57tahun).
Berapa lama bapak berpropesi menjadi penjual Ayam Goreng?
Sekitar 15 tahun lamanya.
Bagaimana
kondisi berjualan bapak setelah tempat berjualan bapak di pindahkan ke Taman
Telur?
Menjadi tidak tentu, kadang ramai juga kadang sepi. Tapi gimana kondisi
nya, biasanya kalo musim hujan seperti ini para konsumen menjadi mengurang dan
berjualan pun menjadi agak sepi.

TENTANG
ANALISA RISAT PASAR


Oleh Kelompok
1.
Retno Wati
2.
Hermi
3.
Diana Mita Sari
4.
Amelisa
5.
Bobi Andika
Kelas : X.6 Tata Niaga
SMK TERPADU TAKWA BELITANG
OKU
TIMUR
TAHUN AJARAN 2014 / 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar