KATA PENGANTAR
Assalamuaikum Wr.Wb.
Puji
syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, dengan segala hidayah-Nya
penulis dapat menyelesaikan Makalah Jejaring Sosial ini. Tak lupa sholawat
serta salam senantiasa terlimpah kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW.
Makalah
Jejaring Sosial ini merupakan salah satu tugas mata kuliah. Diharapkan para
pembaca dapat mengambil manfaat dan hikmah dari makalah ini. Saran serta kritik
sangat penulis harapkan, mengingat mamkalah ini masih jauh dari kata sempurna.
Kepada
semua pihak yang telah memberikan dukungan dan bantuan dalam penyusunan makalah
ini, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.
Wassalamuaikum Wr.Wb.
Girimulyo, Juni 2014
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR ......................................................................................................
DAFTAR ISI ....................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN ...........................................................................................
1.1.
Pengertian
Jejaring Sosial .........................................................................
1.2.
Sejarah
Jejaring Sosial .............................................................................
BAB II ISI ...................................................................................................................
2.1.
Macam-Macam
Jejaring Sosial .................................................................
2.2.
Manfaat
Jejaring Sosial ............................................................................
2.3.
Dampak
Jejaring Sosial ............................................................................
BAB III PENUTUP .......................................................................................................
3.1.
Kesimpulan
.............................................................................................
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Pengertian
Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur
sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini
menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan sosialitas, mulai
dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah ini
diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi)
yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi,
ide, teman, keturunan, dll.
1.2.
Sejarah
Jejaring Sosial
Sejak komputer dapat dihubungkan
satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung
jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Situs jejaring sosial diawali oleh
Classmates.com pada tahun 1995 yang berfokus pada hubungan antar mantan teman
sekolah dan SixDegrees.com pada tahun 1997 yang membuat ikatan tidak langsung.
Dua model berbeda dari jejaring sosial yang lahir sekitar pada tahun 1999
adalah berbasiskan kepercayaan yang dikembangkan oleh Epinions.com, dan
jejaring sosial yang berbasiskan pertemanan seperti yang dikembangkan oleh
Uskup Jonathan yang kemudian dipakai pada beberapa situs UK regional di antara
1999 dan 2001. Inovasi meliputi tidak hanya memperlihatkan siapa berteman
dengan siapa, tetapi memberikan pengguna kontrol yang lebih akan isi dan
hubungan. Pada tahun 2005, suatu layanan jejaring sosial MySpace, dilaporkan
lebih banyak diakses dibandingkan Google dengan Facebook, pesaing yang tumbuh
dengan cepat.
Jejaring sosial mulai menjadi bagian dari
strategi internet bisnis sekitar tahun 2005 ketika Yahoo meluncurkan Yahoo!
360°. Pada bulan juli 2005 News Corporation membeli MySpace, diikuti oleh ITV
(UK) membeli Friends Reunited pada Desember 2005. Diperkirakan ada lebih dari
200 situs jejaring sosial menggunakan model jejaring sosial ini.
BAB II
ISI
2.1.
Layanan
Jejaring Sosial
Banyak layanan jejaring sosial
berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk
dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat suara, share
file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan
layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya
dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial
memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing
didalamnya. Macam-macamnya sebagai berikut:
a)
Facebook
Pengertian facebook menurut
wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer
yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg,
seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High
School.
Atau dapat juga diartikan
facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg
dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat
menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan
dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan
pengguna lainnya.
Bagi yang sudah mempunyai account
facebook, untuk mulai beraktifitas di facebook dan berinteraksi dengan pengguna
lain kita musti masuk/login terlebih dahulu via halaman facebook login. Sedang
bagi pengguna baru / belum pernah daftar sebelumnya, tentu diwajibkan untuk
mendaftar dahulu supaya mendapatkan account facebook baru. Caranya bisa dilihat
di artikel sebelumnya cara membuat facebook. Kita tinggal memasukkan
username(nama pengguna), alamat email, kata sandi, tanggal lahir, dsb seperti
yang diminta di form registrasi dilanjutkan dengan langkah-langkah seperti yang
diminta, mudah kok. Lalu, bagaimana untuk yang belum punya email, apakah bisa
mendaftar facebook? Bisa, tapi harus buat email dulu.
Sejarah facebook berawal ketika
Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan
murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada
mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College.
Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya
diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas
Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah
yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya
ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti:
.edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs
jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan
untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai
akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa
saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus
bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan
Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut
ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang
ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom
750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang
diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang
dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari
25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009,
penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010
ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar,
wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna,
di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka
500 juta user. Sangat fantastis!
b)
Twitter
Setelah kita mengenal Friendster,
Facebook, Myspace dan situs jejaring sosial lainnya, Twitter seakan menyeruak
hadir dengan format yang berbeda. Konsep yang diusung oleh Twitter adalah
menyebarkan informasi pesan secara singkat, padat dan real time di dalam
kalimat kurang dari 140 karakter kepada pembacanya diseluruh dunia.
Pengguna Twitter dapat
menyebarkan informasi pesan singkat melalui beberapa cara, bisa melalui situs
Twitter sendiri, melalui SMS, atau melalui aplikasi Twitter lainnya seperti
Twirl, Snitter, atau Twitterfox yang merupakan aplikasi tambahan untuk browser
Firefox. Karena kandungan pesan yang singkat, Twitter dimasukkan dalam kategori
mikroblog, yaitu sebuah media online yang memungkinkan penggunanya menuliskan
informasi pesan secara singkat. Panjang pesan tersebut biasanya kurang dari 200
karakter.
Ide pembuatan media online
Twitter adalah berawal dari pertanyaan sepele yaitu “Apa yang teman-teman
lakukan saat ini ?”. Maka Twitter berupaya menjembatani pertanyaan tersebut
kepada penggunanya dengan kembali bertanya “What are you doing?”. Jawaban itu
akan disebarluaskan oleh Twitter melalui fasilitas antarmuka (dashboard)
penggunanya. Twitter juga menyediakan aplikasi antarmuka tersebut tampil di
website/blog penggunanya.
Jika layanan pesan berbasiskan
SMS hanya mampu mengirimkan informasi kepada pengguna yang dikenal, maka
Twitter bisa digunakan sebagai sarana penyebar informasi kepada semua orang
baik yang dikenal maupun tidak, untuk memberitahukan keberadaan penggunanya.
Penyampaian pesan dalam Twitter umumnya tanpa berharap mendapatkan
balasan/respon dari pembacanya.
Contoh untuk urusan sosial,
Twitter mampu memberikan informasi cepat tentang keberadaan kita atau yang akan
kita lakukan. Misal “Aku mau makan malam ikan bakar nih, kalau ada yang mau
ikut, nyusul aja ke Jl. Anu”. Orang lain yang menjadi pengikut Twitter kita
akan mengetahui berita tersebut dan respon akan tercipta.
Untuk urusan bisnis, Twitter bisa
dijadikan alat untuk mengumumkan kabar terbaru atau posting blog terbaru dari
sebuah perusahaan bahkan berinteraksi dengan konsumen. Twitter juga memudahkan
kolaborasi internal dan komunikasi dalam sebuah kelompok.
Saat ini, layanan Twitter banyak
digunakan oleh berbagai kalangan, baik itu pemerintah (misal Israel),
organisasi (misal NASA), politikus (misal Barack Obama), selebritis misal
Ashton Kutcher dengan nama akun aplusk, Samantha Ronson dengan nama akun
jackdaniels9, Pete Wentz dengan nama akun ztnewetep, John Mayer dengan nama
akun johncmayer, dan Demi Moore dengan nama akun mrskutcher. Mereka semua
begitu rajin meng-update apa yang sedang mereka lakukan beberapa menit sekali.
Bali Orange juga menggunakan
Twitter untuk memberikan status pelayanan secara real time baik itu kepada
pelanggannya maupun kepada pengunjung website. Status informasi terkini kami
tampilkan di website maupun blog ini.
c)
Friendster
Friendster adalah sebuah situs
untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk
melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau
tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dsb
).
Untuk bisa menjadi anggota di
Friendster tersebut. Terlebih dahulu kita harus punya E-mail. Jadi, nah kalo
misalkan kita tidak memiliki E-mail, berarti kita harus mendaftar. Tapi jika
sudah memiliki E-mail, berarti kita tinggal mendaftar secara langsung tanpa
harus memikirkan lagi E-mail apa yang harus dimasukkan. Nah, agar kita bisa
masuk ke dalam situs Friendster tadi, maka mulailah kita mendaftar. Dan
cara-caranya adalah sebagai berikut :
1. Buka Google Chrome atau Mozilla Firefox
2. Ketik Situs yang diingini, contoh
(www.friendster.com)
3. Cari kalimat ==>> Sign Up
Sign Up artinya kita masuk untuk
mendaftar di friendster.
4. Setelah klik Sign Up, maka akan muncul
tempat pendaftaran tersebut.
5. Isilah pendaftaran tersebut dengan lengkap.
Turuti perintah didalam pendaftaran tersebut.
6. Kemudian klick Register.
7. Setelah Register yang telah di klick tadi
ada muncul Verify Email Address.
8. Nah, dengan munculnya kalimat tersebut,
lalu kita klick Home.
Home artinya kita masuk untuk
melihat apakah kita sudah sukses terdaftar. Berarti untuk mendaftar kita udah
selesai.
Kita tentu tak asing lagi dengan
kata Friendster. Nama tersebut telah lama melekat di benak pengguna internet,
khususnya mereka yang gemar mencari teman dan membangun jaringan pertemanan di
dunia maya. Demikian populernya, hingga mendorong berbagai content provider
untuk menghadirkan situs layanan serupa. Jadi, jangan heran kalau saat ini
Friendster sudah punya banyak “teman.” Jangan ngaku anak gaul kalau nggak punya
account di Friendster.” Begitulah kira-kira komentar para remaja yang telah
menjadi anggota Friendster.
Mungkin masih banyak komentar
lain -dengan gaya bahasa yang lain lagi- yang intinya sama; ada yang kurang
kalau belum jadi anggota Friendster. Sebagian dari Anda mungkin tidak setuju,
namun mesti diakui kalau Friendster adalah fenomena baru bagi pengguna
internet, yang dapat membentuk komunitas tanpa batas setelah e-mail, mailing
list, dan instant messenger. Sebagai salah satu situs pertemanan, Friendster
paling banyak diminati di Indonesia. Sementara di Amerika Serikat, kawula
mudanya lebih gemar menjalin pertemanan di MySpace. Mari kita telaah
layanan-layanan tersebut satu-persatu. Kita mulai dari yang paling akrab dengan
kita, Frienster.
Sistem kerja Friendster hampir
mirip Multi Level Marketing (MLM). Kalau kita punya teman di Friendster, secara
otomatis kita akan masuk dalam jaringan teman kita tersebut. Terus seperti itu,
hingga terbentuk satu komunitas besar yang terus berkembang. Yang unik dari Friendster
ini, selain diskripsi diri lewat identitas dan foto, layanan ini juga
menyertakan testimonial yang diharapkan dapat menggambarkan si empunya account
dengan lebih obyektif. Ngomong-ngomong, siapa sih orang di balik kesuksesan
Friendster? Friendster yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada
tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat.
Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dari Friendster.
Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat
sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan
Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster
University.
Ketika perkembangan Friendster
memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13
juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 Friendster merekrut seorang
profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi
NBC Entertainment.
Hingga 2006, pengguna Friendster
diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut
survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung Frienster cenderung
menurun. Kalau bulan Oktober 2005 Friendster dikunjungi 1,7 juta pengguna
internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat
hanya 1 juta orang.
d)
Mig33
Mig33 Merupakan Aplikasi Chat
Berbasis Java. Mig33 adalah komunitas mobile yang menyediakan fasilitas komunikasi
dengan teman-teman dan keluarga melalui berbagai macam layanan online di dalam
handphone, PC. Dengan mig33,Kita Dapat chating dan mengirim sms, email,menelpon
ke luar negeri dengan murah, tukeran foto, komunikasi dengan teman lama dan
bahkan saling bertemu
Apa aja yang ada di dalam
aplikasi Mig33?
Diantaranya:
* Chatroom
* Profiles
* Photo Sharing
* Mobile Web
* Rewards for inviting friends
* And more
Konektivitas
* Use your IM (MSN, Yahoo!, ICQ, AOL, Google
Talk, SMS)
* Share Photos
* Make inexpensive international phone calls
* Send cheap international SMS
*Dan masih banyak lagi yg lainnya
e)
Skype
Skype adalah sebuah aplikasi
messenger seperti halnya Yahoo Messenger, MSN Messenger dll, tetapi Skype lebih
difokuskan pada layanan voice messenger ketimbang teks sehingga Skype lebih
dikenal sebagai aplikasi VoIP (Voice over Internet Protocol) yaitu komunikasi
suara melalui protokol Internet.
Dengan demikian kita bisa
melakukan panggilan (telepon) antar PC ke PC dengan biaya gratis disamping itu
kita juga dapat melakukan panggilan dari PC ke telepon rumah atau panggilan
dari PC ke ponsel atau sebaliknya dengan
biaya/tarif yang sangat murah dengan kualitas suara yang sangat bagus.
Keterangannya dapat dilihat di situsnya www.skype.com. (Aplikasi tersebut bisa
kita download dari situsnya dan cara installnya sangat mudah sekali).
Dengan fasilitas VoIP tersebut
kita dapat berkomunikasi dengan siapa saja diluar sana dengan mudah (dapat
langsung dengan suara/ngobrol dengan biaya gratis) atau dengan teks (selain
chatting seperti biasa kita juga bisa kirim sms ke ponsel). Komunikasi dapat
dilakukan hampir-hampir real time.
Mekanisme real time-nya sendiri
adalah saat kita mengirim teks atau suara, penerima dapat menerimanya hampir
pada saat yang bersamaan sehingga dua pihak (atau sampai 4 pihak atau lebih
(teleconference)) di tempat yang berbeda dapat berkomunikasi dengan baik.
Skype juga menyebabkan dunia
telekomunikasi menjadi tidak terbatas, dengan memberikan pilihan bagi para
pemakainya untuk mengakses telepon. Skype yang dimasukkan ke dalam alat
teknologi seperti ponsel membuat konsumen ponsel dapat melakukan teknologi
telepon berbasis internet, dan sudah dimulai oleh motorola.
Dengan memanfaatkan fitur
nirkabel, kualitas akses telepon berbasis internet juga sangat mudah dilakukan.
Ketika PDA yang didalamnya sudah terinstall aplikasi Skype kemudian terkoneksi
dengan salah satu hotspot, sambungan koneksi Skype bisa dilakukan, baik untuk
telepon melalui jaringan internet tidak terbayar (gratis) apabila menghubungkan
sebuah komputer yang menggunakan Skype, atau tersambung ke ponsel dan telepon
rumah bila menggunakan layanan Skype Out yang memberlakukan tarif sangat murah.
(Diperjelas : bila dari PDA yang sudah terkoneksi salah satu hotspot, menelepon
ke komputer yang ada dirumah biayanya
gratis dan apabila dari PDA menelepon ke ponsel atau telepon rumah maka
diberlakukan tarif tapi sangat murah menggunakan layanan Skype Out).
Teman saya yang pernah mengikuti
pertukaran pelajar antara ITB dengan Finlandia juga pernah menggunakan layanan
yang disediakan oleh Skype. Daripada menelepon lewat ponsel ke telepon rumah
yang tarifnya sangat mahal maka teman saya ini memanfaatkan Skype dengan cara
menelepon dari komputer ke telepon rumah (dari Finlandia ke Yogyakarta) dan
tarifnya sangat murah sekali (kalau saya tidak salah Rp 250 permenit). Cara
pembayarannya juga sangat mudah sekali, kita tinggal beli voucher dari situs
www.skype.com kemudian dipakai.
Skype memang teknologi yang
benar-benar kompleks karena banyak sekali fitur-fitur atau layanan-layanan yang
disediakan, selain telepon berbasis internet dengan biaya gratis, juga bisa
nonton TV gratis diinternet (saya baca di artikel, belum pernah dicoba sih)
dan merencanakan komunikasi video secara
real-time yang merupakan hal yang sangat menarik untuk dunia bisnis, bisa
dibayangkan sebuah layanan video yang memungkinkan orang menjual berbagai jenis
jasa, seperti konsultasi bisnis melalui Web, atau sebagai sarana alternatif
untuk mempertemukan penjual dan pembeli.
2.2.
Manfaat
Jejaring Sosial
Tidak selamanya jejaring sosial
itu buruk. Tapi juga memiliki manfaat positif kok jika kita menilai dan
memanfaatkan secara positif. Inilah beberapa 8 Manfaat Positif Jejaring Sosial.
1.
Mempelopori
Gerakan Reformasi dan Revolusi
Baca
Lebih Lengkapnya tentang “Facebook dan Twitter Mempermudah Revolusi dan
Reformasi.” Memang kedua ini adalah solusi terbaik dalam menyampaikan pendapat.
2.
Menjadikan
Orang Lebih Percaya Diri
Sebuah
penelitian di Inggris membuktikan. Para pengguna jejaring sosial itu memiliki
tingkat kepercaya dirian yang lebih tinggi daripada yang tidak. Karena mereka
itu sering mengupload foto-foto yang bergitu narsisi dengan tingkat kepercayaan
diri yang tinggi.
3.
Mempermudah
Komunikasi
Yang
namanya jejaring sosial itu adalah tempat untuk berkomunikasi. Tapi
berkomunikasinya lewat sebuah media yang bernama internet.
4.
Mempermudah
Menyampaikan Informasi
Kemungkinan
Masa Depan itu adalah Masa yang serba Online dan serba internet. Maka dari itu
untuk mempermudah menyampaikan informasi itu ya harus menyampaikannya dari
jejaring sosial, karena jejaring sosial itu memiliki trafik kunjungan yang
besar.
5.
Bisa
Mendapatkan Uang dari Bisnis Online
Dengan
jejaring sosial kita juga bisa mendapatkan uang. Misalnya, anda memiliki
Twitter yang difollow oleh 100 orang. Saya sarankan anda itu harus menguangkan
Twitter anda dengan cara menjadi publisher di revtwt. Karena revtwt akan
membayar per klik dari link yang anda promosikan dari tweet anda.
6.
Bisa
Mempelajari Bahasa Asing
Yang
namanya Jejaring Sosial itu umumnya bersifat internasional dan Bahasa
Internasional itu adalah Bahasa Inggris. Dengan menggunakan jejaring sosial itu
kita secara tidak langsung akan mempelajari bahasa asing.
7. Bisa Berekspresi Sebebas-bebasnya
Maksudnya
kita itu memiliki hak dan kewajiban untuk
menyampaikan pendapat. Tapi menyampaikan pendapat secara sopan dan berekspresi
dengan sopan dan bertanggung jawab. Misalnya, kita membagikan link di akun
twitter kita. Tapi link tersebut isinya tentang ilmu pendidikan / hal yang
bermanfaat.
8. Menyelamatkan Kita dari Aksi Kriminal
Ada
sebuah kasus bahwa ada seorang facebooker yang selamat dari aksi maling. Pada
saat itu ada maling masuk ke rumahnya dan menahan salah satu anggota
keluarganya. Lalu dia mengupdate status yang berbunyi “HELPPP!.” Dan banyak temanya
yang menanggapinya sebagai guroan tapi akhirnya dia menyakinkan temanya bahwa
itu serius. Lalu salah satu temannya menelepon 911 dan polisi langsung ke TKP
dan khirnya malin tersebut tertangkap karena maling tersebut belum sempat kabur
2.3.
Dampak
Negatif Jejaring Sosial
Teknologi merupakan hal mubah
(boleh) yang hukumnya akan menjadi halal jika dipergunakan untuk hal-hal
positif dan bermanfaat namun bisa pula menjadi haram ketika teknologi tersebut
dipergunakan sebagai media dalam melakukan tindakan yang melanggar aturan
Islam. Maka dari itu bagi para orang tua, guru dan para pendidik generasi
menjadi sangat urgen dalam memberikan pendidikan terhadap efek negatif internet
terutama situs jejaring sosial yang sedang membius jutaan bahkan milyaran umat
manusia. Jangan sampai generasi yang akan menjadi generasi penerus khilafah di muka
bumi ini justru menjadi generasi yang merugi karena keengganan kita dalam
mendidik mereka dan memberikan pemahaman tentang efek negatif jejering sosial
sehingga mereka terperosok dan menjadi korban kejahatan dunia maya. Berikut
dibawah ini beberapa ulasan singkat tentang efek negatif jejaring sosial
terutama situs Facebook dan Twitter bagi anak dan remaja.
1.
Malas
Ini
efek negatif yang paling sering ditemukan pada anak atau bahkan bukan hanya
anak. Mereka menjadi malas untuk belajar dan beribadah, karena terlalu asyik
dengan teman barunya di jejaring sosial. Hingga pada akhirnya meninggalkan
kewajiban-kewajiban yang seharusnya dikerjakan oleh anak.
2.
Egois
Situs
jejaring sosial akan membuat anak lebih mementingkan diri sendiri. Anak menjadi
tidak sadar dan peduli dengan lingkungan sekitarnya karena waktu mereka
dihabiskan didepan internet. Hingga pada akhirnya mengakibatkan anak kurang
bahkan tidak berempati dengan lingkungan kehidupan mereka yang sesungguhnya.
Kepekaan mereka terhadap lingkungan sekitarnya menjadi mati terbunuh
kesenangannya terhadap teman-temannya di situs jejaring sosial.
3.
Merusak
Tata Bahasa
Situs
jejaring sosial tidak memiliki aturan baku yang berlaku bagi anak dalam
melakukan interaksi dengan temannya disitus jejaring sosial. Tidak ada tata
bahasa baku untuk digunakan pada situs jejaring sosial, ini membuat mereka
berkomunikasi semau mereka sendiri dengan bahasa mereka sendiri tanpa peduli
dengan tata bahasa yang baik dalam berkomunikasi. Hal ini perlahan tapi pasti
membunuh kemampuan komunikasi yang baik dan benar seperti yang dilakukannya
dalam berinteraksi didunia nyata selain itu juga membunuh keterampilan menulis
mereka yang sesuai dengan ejaan yang baku dan benar di sekolah.
4.
Makanan
Predator
Situs
jejaring sosial ibarat lahan subur bagi para predator internet dalam melakukan
kejahatan. Kita tidak pernah tahu apakah teman yang mereka temukan adalah
benar-benar orang yang berniat baik untuk berteman, dan kita pun tidak pernah
tahu apakah teman tersebut memberikan identitas yang sesungguhnya seperti
keadaannya didunia nyata. Ketika seorang anak mempercayai 100% temannya di
situs jejaring sosial maka hal ini sangat mungkin membahayakan keadaan anak
dari tindak kejahatan baik fisik maupun psikis.
Maka dari itu, bagi para guru,
orang tua dan para pendidik generasi, efek negatif situs jejaring sosial
haruslah disampaikan kepada anak. Ini berarti pula bahwa para guru, orang tua,
dan pendidik haruslah tahu pula apa, siapa dan bagaiamana situs jejaring sosial
yang sering dikunjungi anak-anaknya. Bentengilah generasi kita dengan ilmu
pengetahuan dan ilmu Islam yang kaffah, agar mereka bisa membentengi diri
sendiri disaat mereka terlepas dari pengawasan para orang tua dan gurunya.
BAB III
PENUTUPAN
3.1. Kesimpulan
Pada
pokok pembahasan ini dapat penulis simpulkan beberapa inti pokok dari
pembahasan makalah.
1.
Jejaring
sosial adalah wadah dimana kita dapat bertemu dengan orang lain yang berbeda
tempat, meskipun kita berada pada tempat yang berjark sangat jauh sekalipun.
2.
Jejaring
sosial ada beberapa jenis dan keunggulannya masing-masing. Tinggal user ingin
memilih yang mana. Yang lebih bermanfaat bagi user.
3.
Jejaring
sosial ada dampak positif dan dampak negatifnya. Tergantung user bagaimana
memanfaatkan jejaring sosial itu sendiri.
DAFTAR
PUSTAKA
Nawawi, Ridwan. 2008. Analisis Dan Perancangan Aplikasi Jejaring
Sosial Penjualan Berbasis Web.
www.google.com
www.yahoo.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar